Manut Rejeki Katut

Posted by Rina on 05.21 with No comments


Gak terasa udah 8 bulan jalanin bisnis Oriflame bersama d'BC Network. Cepet yaaa....tiba-tiba udah mau setahun aja :)
Katanya sih kalo kita gak merasa lama ngelewatin waktu saat mengerjakan sesuatu, itu tandanya kita sangat mencintai pekerjaan tersebut. Jadi udah gak berasa kerja lagi, tapi sedang menikmati hidup hehe... Sama dengan saat saya ngerjain kue, meskipun lembur sampai malam, tetep aja begitu lihat hasil nya udah ilang deh tuh capek nyaa, yang dirasa cuma seneng nya aja^^
Mungkin udah jadi passion yaa... jadi full energi waktu ngerjain nya. Dan tau gak kata orang2 sih...sesuatu yang dikerjakan dengan passion insyaallah hasilnya lebih luar biasa, amazing bahasa sono nya :)

Kalau mencermati proses perkembangan rekan2 di bisnis Oriflame, sungguh unik yaaa...tanggal daftarnya hampir barengan, upline nya sama, ilmu nya sama, sama-sama punya fasilitas member area d'BCN, produknya sama ya Oriflame. tapi kenapa yaa yang satu bisa melejit naik, satu nya lagi jalan cepat, satunya lagi jalan di tempat, dan satunya lagi malah "mati". Apa yang salah? Nasib? Wooo....jangan menyalahkan nasib ya dear, Allah gak akan mengubah nasib suatu kaum kalau bukan kita sendiri yang berusaha mengubahnya. Nah trus... coba evaluasi yukkk apa sih yang sudah kita lakukan untuk mengubah nasib kita ?

Manut rejeki katut, slogan yang sering disebut-sebut para leader. Seperti apa sih sebenernya yang dimaksud "manut" itu ?
Tahu kan yaa...seorang upline dalam sebuah bisnis MLM itu ibarat seorang ibu. Dia memegang amanah untuk membina anak-anak (baca : jaringan) nya. Cara kerja di bisnis ini adalah duplikasi. Tiru cara kerja upline kita. Tentu saja tiru cara kerja upline yang benar-benar amanah yaa...karena memang tidak dipungkiri selalu ada saja yang tidak amanah, di urusan apa pun selalu ada saja oknum yang seperti itu. Tapi yang seperti itu gak usah ditiru, kita cari role model yang memang pantas ditiru. Jadi para upline pun tolong evaluasi diri yaa, apakah kita sudah bisa jadi role model yang pantas ditiru oleh jaringan kita. Jika belum, maka segeralah berbenah. Karena ada amanah di pundakmu, dan setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah swt atas amanah yang dipikulnya.

Kalau upline nya sudah amanah, sekarang bagaimana sikap sebagai seorang downline ? 
Yaa...MANUT. Manut diajak belajar.
Di d'BCN jangan takut kehabisan ilmu. Tiap hari ada etraining. Cukup mantengin laptop dari rumah udah bisa dapat ilmu nya. Atau kalo gak puas online, training offline juga rutin diadakan minim sebulan sekali. Dari Oriflame sendiri pun sering ada Beauty Academy n training lainnya. Selain itu ada home sharing yang selalu diadakan oleh Manager Up, tinggal meluangkan waktu untuk datang. Kalo gak bisa datang, please maksimalkan online nya. Syarat utama supaya bisa menjalankan bisnis ini cukup punya dan mengoptimalkan Facebook. Selebihnya fasilitas BB, whatsapp, email, hanya fasilitas penunjang aja. Siapa sih hari gini yang gak punya Facebook? Kasian dehh kalo emang ada hehe...

Trus kalo udah punya Facebook, harus ngapain?
Aktifkan penggunaannya, aktif baca dan interaktif di etraining, aktif baca info-info di FB Grup, berteman/follow leader-leader yang udah sukses, rajin update status, meramaikan wall kita dengan status-status positif dan bisnis Oriflame.
Coba dehh...MANUTTT, insyaallah ada hasilnya, saya yakiiinnn....

Cara bikin status nya gimana yang asik dan manfaat buat bisnis? Ada etraining nya mbaa, diajarin semua sampai sedetil-detilnya, bahkan soal pemilihan nama facebook aja diajarin lohhh.

Selanjutnya apa?
Ya PRAKTEK...kerjakan apa yang sudah diajarkan upline dalam etraining, dalam home sharing. Sering-sering komunikasi dengan upline terdekat, sharing, bicarakan kalau ada kendala, istilahnya pepetttt upline nya. Jangan malah ilang-ilangan yaa...ditelpon gak jawab, di sms gak bales... Nah kalo model downline yang datang dan pergi sesuka hatimu gini sih yang rugi ya dirinya sendiri yaa...waktunya upline mau sedekah downline dianya ngilang, waktunya upline mau sedekahin kelebihan poin dia nya entah ke mana. Ya akhirnya upline nya tentunya ngasih ke yang gak ngilang-ngilang yaa, ngapain juga nyari yang entah kemana :)

Jadi jangan mengartikan "manut rejeki katut" itu hanya soal TUPO yaa...Big No. Bisnis ini gak bisa dijalankan cuma dengan Tupo doang. GAK BISA. Harus sepaket : Tupo, Rekrut, Bina. Gak bisa milih salah satu aja yang kita suka ya dear. Cintai semua prosesnya, maka hasil itu akan mengikuti.
Emang kalo udah Tupo trus bisa ujug2 jadi manager tanpa kita rekrut n bina downline? No no no....
Gak mudah yaaa? Iyaa emang gak mudah, tapi BISAAA...kalau dipraktekkan.
Kalo cuma diem aja emang gak akan bisa.  Bisnis apa aja juga gitu, kalo diem aja ya gak akan ada hasil nya.
Jadi coba yaa...Manut nya diartikan dengan benar. Manut diajarin iya, manut tupo iya, manut rekrut n bina jaringan iya. Dannn... jangan mutungan kalo diingatkan, jangan ngambek kalo diajak sama-sama evaluasi diri.
Ah emang ada yaa yang ngambekan? Hehe...yang ngerasa, jawab dalam hati aja :)

0 komentar: